Senin, 13 Februari 2012

JIHAD

Band ini berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. JIHAD sendiri dibentuk pada tahun 1999. Band ini bergenre Death Metal. Pada saat itu berline-upkan Tatto pada posisi Guitar, Jibril pada posisi Vokal, Ablay pada posisi Bass, dan Veby pada posisi Drum. Tetapi pada bulan November 2001 sang Guitaris Tatto, keluar dari JIHAD setelah menggarap 10 lagu dari album “Besok Kiamat” (Belum dirilis). Pada sekitar bulan Desember 2001, JIHAD mendapatkan 2 Guitaris baru, dan merubah line-up mereka menjadi Jibril pada posisi Vokal, Irja pada posisi Guitar, Tommy pada posisi Guitar, Ablay pada Bass, Veby pada posisi Drum. Akan tetapi, masuknya 2 Guitaris ini membuat konsep JIHAD menjadi berbeda, merekapun membetulkan kembali line-up mereka, line-up yang ketiga ini berformasi Jibril pada posisi Vokal, Veby pada posisi Guitar, Tommy pada posisi Guitar, Ablay pada posisi Bass, dan Irja pada posisi Drum. Line-up yang ketiga ini membuat JIHAD berhasil membuat sebuah konsep Death Metal yang baru.

Pada April 2002, JIHAD masuk Recording pertama mereka yaitu di WorkHouse studio di daerah Bandung, dan prosses Mastering lagu mereka dikerjakan oleh Adyth (DISINFECTED). Pada bulan April 2003, JIHAD berhasil merilis album pertama mereka “Besok Kiamat” yang dirilis oleh EXTREME SOUL PRODUCTION yang berisi 9 lagu didalamnya. Setelah album pertama mereka dirilis, JIHAD menggunakan Bassis baru dia adalah Rully yang menggantikan posisisi Ablay. Pada bulan Mei 2003, JIHAD mengeluarkan Tommy karena ada masalah internal pada JIHAD, dan line-up kelima mereka menjadi Jibril pada Vokal, Veby pada Guitar, Rully pada Bass, dan Irja pada posisi Drum. Pada bulan Juli 2004 JIHAD mendapat Guitaris baru karena ada masalah internal pada JIHAD. Jadi line-up berubah lagi menjadi Jibril pada Vokal, Oce pada Guitar, Rully pada Bass, dan Veby pada Drum.

Pada bulan November 2007 JIHAD mendapat guitar baru menggantikan Oce, karena ada masalah internal, Rully juga keluar pada saat itu dikarenakan menikah. Line-up terakhir mereka adalah Jibril pada posisi Vokal, Rony pada posisi Guitar, dan Veby pada Drum. Selama November sampai Desember 2004 sampai bulan Januari 2005 masuk pada Recording kedua mereka untuk album “Strategi Setan” di Okta Digital Recording Studio dan Dialog Studio, sedangkan proses mixer dan mastering dilakukan di Bintang 41 Studio pada bulan Agustus 2005. Pada bulan November 2005 JIHAD mengeluarkan album kedua mereka “Strategi Setan” featuring Addy gembel dan Toteng dari Forgotten.

Itu adalah sekilas rentetan perjalana JIHAD. Dan sekarang JIHAD sudah mempunyai Label Rekaman RECLUSE PRODUCTION Singapore. Dan kita doakan agar tetap bisa mengisi musik bawah tanah di Indonesia, amin. \m/

0 comments:

Poskan Komentar